Menu Dhapu Kupie, Memboyong Tanah Rencong ke Bojonegoro

Menu Dhapu Kupie, Memboyong Tanah Rencong ke Bojonegoro

Bojonegoro, Jawa Timur
Bagi lidah penggemar menu berbahan mie, agaknya Dhapu Kupie, sebuah tempat makan di kawasan Desa Pacul, Kecamatan Kota Bojonegoro Jawa Timur, layak untuk dijadikan sebagai salah satu tempat memanjakan kegemarannya. Dhapu Kupie sendiri, menurut pemiliknya, sama artinya dengan Dapur Kopi. “Di daerah saya, menyebut dapur adalah dhapu,”jelas Jimmy, pemilik tempat makan tersebut.

Dhapu Kupie, adalah tempat makan yang menyajikan menu khas dari Tanah Rencong, Aceh. “Menunya sederhana tapi khas dan berbeda,” tambahnya. Ia menyebut hanya ada 4 menu utama yang disiapkan, yakni Mie Aceh, Nasi Goreng Aceh, Kopi Aceh dan Teh Tarik khas Aceh.

Seporsi mie atau nasi goreng, pihak Dhapu Aceh hanya mematok tarif antara Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu. “Yang mahal adalah Mie Aceh Kepiting,” jelasnya. Namun, jangan khawatir, porsi yang disediakan lumayan untuk mengisi perut dan soal rasa, memang benar-benar Aceh.

Tak heran bila Dhapu Kupie mengklaim sebagai penyedia menu yang berbeda, karena menurut Jimmy, seluruh bahan dan juru masak yang dipekerjakan, benar-benar didatangkan dari Aceh. “Termasuk kopinya, kami datangkan langsung dari Aceh, kalau belinya sih per kilogramnya Rp 100 ribu,” jelasnya.

Berbeda dengan mie goreng yang banyak dijumpai Mie Aceh relatif lebih berisi dan tak berminyak. Selain itu, yang digunakan adalah daging sapi dengan taburan rempah-rempah yang menimbulkan rasa pedas berbeda. “Ini pedasnya bukan berasal dari cabe, tapi dari ramuan rempah-rempah khas Aceh,” jelasnya.

Dhapu Kupie menyediakan berbagai varian untuk menu Mie dan Nasi Goreng khas Aceh, diantaranya adalah Mie dan Nasi Goreng Aceh (reguler) yang berisi daging sapi, berisi sea food, berisi telor, dan berisi kepiting. “Untuk yang kepiting, tidak berupa sayatan, namun kepiting utuh yang dibelah menjadi dua,” pungkasnya. (red/esp)

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *