Serabi ala Agropolitan Tanjungharjo

Serabi ala Agropolitan Tanjungharjo

Bojonegoro, Jawa Timur
Warjo, warga asli Desa Tanjungharjo itu mengaku telah bertahun-tahun berprofesi sebagai penjual serabi. Sebuah makanan yang berbahan dasar tepung dan termasuk salah satu menu kuliner dari Bojonegoro. Meskipun tinggal di sekitar puluhan hektar kebun salak, namun belum pernah terlintas di benak Warjo untuk memanfaatkan buah yang terbungkus kulit bersisik duri tersebut sebagai bahan serabi.

agropolitan salak bojonegoro“Biasanya ya hanya dagang serabi biasa dengan harga per bijinya Rp 1000,” ujarnya sambil membalik serabi yang dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar. Namun, beberapa saat terakhir, dirinya harus mulai terbiasa menjadikan buah salak sebagai salah satu bahan adonan serabi buatannya.

Selain menjadi bahan adonan, buah salak yang mempunyai kekenyalan cukup unik tersebut juga dijadikan sebagai topping (taburan atasan) serabi pak Warjo. Maka jadilah sebuah menu baru, Serabi ala Tanjungharjo yang bercitarasakan buah salak.

“Dengan tambahan buah salak, harganya menjadi naik menjadi Rp 2.000,” jelasnya. Seperti halnya serabi lainnya, serabi salak itu menggunakan bahan dominan tepung yang didon menggunakan tepung salak. Dengan tambahan irisan salak serta parutan kelapa, membuat rasa serabi salak menjadi sedikit lebih tajam dan unik.

Tak hanya serabi, ternyata di Desa Tanjungharjo, hampir semua menu kulinernya beraromakan buah salak. “Yang paling digemari dalam ujicoba pengenalan menu khas Tanjungharjo adalah Ice Cream Salak,” jelas Ike, salah satu staf Kecamatan Kapas. Bahkan minuman kopi, di tempat tersebut juga menggunakan bahan tambahan berupa salak.

Kawasan Desa Tanjungharjo diproyeksikan menjadi sebuah kdaerah Agropolitan, dimana buah salak menjadi komoditas utamanya. Dengan pagar hidup berupa tanaman bambu yang teduh dan aliran sungai buatan menjadikan kawasan tersebut eksotis,

Untuk sementara, bila wisatawan ingin mencicipi aneka menu kuliner berbahan salak dari Desa Tanjungharjo, pihak Kelomp[ok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat telah membuka sekertariat di Balai Desa Tanjungharjo. Menikmati Salak Tanjungharjo, konsep yang diusung adalah sekali bayar makan sepuasnya. (red/esp)

About author

Related Articles

1 Comment

  1. buah salak 02/05/2016 at 5:52 am

    buah salak, manfaat kopi hitam, untuk tubuh yang sehat kita bisa mengkonsumsi kopi hitam dan buah salak

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *