Kuliner Legendaris, Olahan Belut Ala Lek Kur Kanor

Kuliner Legendaris, Olahan Belut Ala Lek Kur Kanor

Bojonegoro, Jawa Timur
Tempat dan menu makanan yang berada di Desa Sumberwangi, Kecamatan Kanor ini termasuk salah satu kuliner legendaris di Bojonegoro, Jawa Timur. Menurut pemiliknya, Sakur, warung dan resep masakan yang dimilikinya tersebut telah ada sejak 35 tahun yang lalu.

“Dulu hanya berupa warung biasa, itu berlangsung selama 25 tahun,” jelas pria berperawakan kurus tersebut. Adalah belut, yang menjadikan warung milik Sakur menjadi fenomenal. Namun, Lek Kur, demikian ia biasa dipanggil, mengaku hanya menyediakan dua jenis olahan belut. “Sejak dulu hanya pepes belut dan belut goreng,” tambahnya.

Menu yang ada di warung bernama Warung Lek Kur ini, sangat kental dengan cita rasa pedas. “Kalau mau pedasnya menyatu ya pesan pepes, kalau bleut goreng, pedasnya terpisah,” tambahnya.

pepes belut bojonegoroUntuk pepes belut, Lek Kur memilih tetap menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya, penampilan pepes belut cukup rapi dan mengundang selera makan. Bagi yang memang tak suka dengan rasa pedas, disarankan untuk memilih menu belut goreng, dimana rasa pedasnya dipisah berupa sambal khas.

Biasanya, baik pepes belut maupun pepes goreng, disajikan bersama sepiring nasi yang ditambah dengan sayur lodeh waluh. “Tapi kalau minta kering, ya boleh,” jelasnya.

Selian menu belut goreng dan pepes pedasnya, di tempat ini juga terkenal dengan menu es legen. Legen didatangkan langsung dari perkebunan yang ada di kawasan Tuban. Sementara untukbelutnya, Lek Kur memilih membelinya dari Lamongan.

Soal harga tak perlu khawatir, sangat terjangkau. Lokasi Warung Belut Lek Kur ada di Sebelah utara Pendopo Kecamatan Kanor. Kira-kra sekitar 4-5 km. “Kita menyebutnya perempatan SMK,” kata Subiyono, Camat Kanor. (red/esp)

Tagged with:

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *