Kartar Margomulyo Bergerak untuk Anak Putus Sekolah

Kartar Margomulyo Bergerak untuk Anak Putus Sekolah

Bojonegoro, Jawa Timur
Merasa tergugah dengan kondisi masih banyaknya anak disekitarnya yang putus sekolah, Karang Taruna di Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro akhirnya memutuskan untuk bergerak. “Namanya Margomulyo Youth Movement, diluncurkan tanggal 1 Februari besok,” jelas Heru Sugiharto, Camat Margomulyo.

Menurut mantan Sekcam Kapas ini, di Margomulyo sendiri terdapat sekitar 4% anak usia sekolah yang harus putus sekolah, khususnya pelajar SD. “Latar belakangnya macam-macam, karena kemiskinan, kondisi geografis, menikah dini dan karena terpaksa harus membantu bekerja,” tambahnya.

Margomulyo Youth Movement (MYM) sendiri, diakui mengadopsi konsep dari Gerakan Indonesia Mengajar. Namun, oleh pemuda dan pemudi di kecamatan tepi barat ini, kemudian diimplementasikan ke ruang lingkup dan target yang lebih terarah. “Pelakunya warga Margomulyo, khususnya Karang Taruna, targetnya juga warga setempat. Diharapkan akan efektif, karena pelaku dapat terus menerus melakukan gerakan, tidak sekali gerak saja,” ujar Putri dari MYM bagian relawan dan fasilitator.

Putri menuturkan, bahwa di Margomulyo masih dapat dijumpai pemandangan seorang gadis yang menggendong bayi, bayi tersebut bukanlah adik atau keponakannya, melainkan anak kandungnya karena harus menikah di usia dini. “Bayangkan, seharusnya mereka belajar di kelas dan bercanda ria di sekolah bersama teman-temannya. Atau misalnya di Hari Senin mereka seharusnya berbaris rapi dengan seragam merah putih untuk mengikuti upacara. Bukannya harus mengasuh anak atau bekerja di hutan,” tuturnya.

Hal itulah yang kemudian membuat mereka bergerak, dengan tujuan agar anak-anak yang masih berusia bangku sekolah dapat kembali mempunyai cita-cita untuk masa depannya.

Selain mengajak warga setempat, khususnya para pemuda, MYM juga membuka diri bagi para donatur untuk membantu kegiatan mereka. “Tak perlu besar, yang penting cukup untuk memotivasi anak-anak. Misalnya untuk dana kegiatan fun games berhadiah, kenang-kenangan dan sejenisnya,” tambahnya. (red/esp)

Tagged with:

About author

Related Articles

1 Comment

  1. Nur cahyono 19/03/2017 at 6:27 pm

    Saya sangat mendukung itu ..smoga bermanfaat bagi semua masyarakat khusnya se kec margomulyo…

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *