Festival OGP, SMKN 2 Kenalkan Aplikasi Si Biko

Bojonegoro – Diberi nama khusus oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto, booth anak SMK dalam Festival Open Partnership (OGP) menyuguhkan sebuah prototype aplikasi kelas. Dalam gelaran kali ini, mereka yang diwakili oleh SMK Negeri 2 Bojonegoro, menampilkan Si Biko atau Sistem Bimbingan Konseling, aplikasi yang menggabungkan platfom android dan SMS.

Secara umum, Si Biko yang telah diterapkan di kelas X dan XII sebagai pilot projectnya, adalah sebuah sistem scoring presatasi dan pelanggaran siswa. Yakni berdasarkan input dari operator kelas yang score nya dapat diakses oleh para siswa dan wali murid.

Dalam praktiknya, bila seorang siswa melakukan pelanggaran, termasuk di luar sekolah, maka operator akan menginput data siswa dan jenis pelanggaran. Yang kemudian secara otomatis, Si Biko akan memprosesnya dan menampilkan serta mengirimkan score tersebut berupa SMS notifikasi pada siswa dan wali murid yang bersangkutan.

Score yang bersifat akumulatif tersebut, diharapkan akan meningkatkan peran wali murid dalam mengawasi putra-putrinya dan secara langsung mengingatkan pada siswa untuk menjaga perilakunya. Dijelaskan, terdapat batas maksimal score pelanggaran yang bila telah melampaui akan dikenakan sanksi tegas hingga dikeluarkan dari sekolah.

Rencananya, Si Biko karya siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan ini akan dikembangkan ke aplikasi lain yang menggunakan model pengawasan teman sebaya. (red/esp)

Tagged with:

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *