Cawik, Balong, Pethak, dan Wak Tangsil Muncul di CFD

Cawik, Balong, Pethak, dan Wak Tangsil Muncul di CFD

Bojonegoro – Pagi tadi (23/10) warga yang sedang memanfaatkan Car Free Day di sekitar Alun-alun Kota Bojonegoro kedatangan tamu istimewa. Mereka adalah Tangsil, Cawik, Balong, dan Pethak, tokoh 4 sekawan dalam pakem seni teater tradisional Sandur. Tak hanya datang, mereka juga menyajikan pertunjukan Sandur yang akhir-akhir ini semakin populer di Bojonegoro, lengkap dengan Germo, Panjak Hore dan Karawitan pengiringnya.

Kehadiran mereka yang dimainkan oleh Teater Lorong Putih dari SMA Negeri 1 Bojonegoro itupun menyedot perhatian pengunjung CFD. Tak jarang aksi mereka yang berlangsung selama 30 menit itu mengundang gelak tawa mereka yang hadir. “Baru kali ini saya melihat Sandur, ternyata Bojonegoro memang menyimpan segudang potensi,” ujar Khoirul, warga Kecamatan Balen.

Kali ini mereka membawakan cerita yang berjudul Cawik Pingin Sekolah Terus, sebuah lakon yang mengadopsi program wajib sekolah 12 tahun. Setelah lulus SMP, Cawik dipaksa bekerja oleh ibunya yang bernana mbok Gemek, karena Cawik berwajah cantik dia disuruh jadi Sales Promotion Girl (SPG).

Akhirnya berkat pertolongan dari Pethak dan Balong, Cawik bisa terus bersekolah dengan bea siswa yang diberikan oleh wak Tangsil. Sandur memang selalu memainkan lakon yang mengandung pesan moral, termasuk program-program pemerintah. (cak/esp)

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *