Lestarikan Budaya, 4 Warga Bojonegoro Ini Diapresiasi Kraton

Lestarikan Budaya, 4 Warga Bojonegoro Ini Diapresiasi Kraton

Bojonegoro – Pada awal bulan Desember ini, pihak Kraton Surakarta Hadiningrat menggelar ritual rutin, yakni dalam rangka memperingati Maulud Nabi yang disebut Grebeg Maulid dan Sekaten. Acara yang dihadiri oleh ribuan masyarakat setempat dan perwakilan raja raja nusantara itu seperti tahun-tahun sebelumnya, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan budaya.

Menjadi istimewa, karena kali ini pihak Kraton Surakarta mengundang masyarakat Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang Bojonegoro. Desa pertama di Bojonegoro yang pada pertengahan tahun ini mendapat anugerah Radya Laksana dari Kraton Surakarta.

Dalam Grebeg Maulid yang juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa negara tersebut, pihak Kraton juga memberikan gelar kekerabatan untuk Kepala Desa Sambongrejo, Eko Prasetiyono dengan jabatan sebagai Bupati Anom. Selain jabatan itu, Eko Prasetiyono juga mendapat gelar kebangsawanan Raden.

“Lengkapnya Raden Tumenggung Eko Prasetyono Rekso Budoyo. Ada tiga lainnya yang mendapat kehormatan serupa,” jelas Eko.

Ketiga warga desa yang terkenal dengan obyek Watu Gandul itu adalah: Mukayan (Modin Desa) dengan nama Mas Ngabehi Mukayan Projo Rumekso, Paryono (Carik) dengan pangkat Panewu dan nama Mas Ngabehi Paryono Hadiprojo dan Priyo Winarno (Kasun Kaliasin) dengan pangkat Panewu bernama Mas Ngabehi Winarno Priyodiprojo.

Keempat-empatnya dan Desa Sambongrejo dinilai telah menjadi pelestari budaya Surakartan. (red/esp)

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *