Kasur Taslim Kini Sudah Online

Kasur Taslim Kini Sudah Online

Bojonegoro – Taslim, warga Desa Sitiaji Kecamatan Sukosewu yang menyadari banyaknya tanaman randu di sekitarnya, kini telah memantapkan hatinya untuk menjadi perajin kasur. Dengan cerdik pria berusia 56 tahun itu memanfaatkan buah pohon randu tersebut untuk diolah menjadi kasur, bantal dan guling.

Gayung bersambut, saat Pemerintah Desa bersama Disnakertransos Bojonegoro kala itu bersama-sama mendirikan kelompok wirausaha pengolah kapuk, semakin mantaplah Taslim menekuni usahanya itu. Pemerintah Desa berharap hal itu dapat mendongkrak penghasilan warga dan menciptakan lapangan kerja baru bagi para pengangguran yang ada di Desa Sitiaji.

Saat ini kelompok tersebut telah beranggotakan 12 keluarga, diantaranya sebanyak 7 keluarga yang memasok kain, 4 keluarga pembuat kasur dan ditambah 1 keluarga khusus pencari kapuk.

Setelah mendapatkan pelatihan dan bantuan alat produksi berupa mesin jahit serta alat lainya, kini harapan Taslim dan lainnya semakin menjadi kenyataan. Yakni guna mempermudah dan memperbesar kapasitas produksinya. Kelompok Usaha Bersama Sejahtera Raya Desa Sitiaji itupun tak lagi mengalami kendala soal pemasaran.

Karena penjualan dilakukan oleh pelaku dan kelompok itu sendiri, diantaranya di pasar tradisional ataupun melayani pelanggan dalam desa dan tetangga desa.

Bahkan kasur hasil produksi salah satu warga yang bernama Yairi (55) sudah dipasarkan sampai ke kota Yogyakarta dan kota-kota disekitar Bojonegoro, seperti Nganjuk, Kediri, Surabaya dan kota lainnya.

Selain itu, kelompok ini juga mulai melakukan pemasaran dengan sistem online dan hal itu sudah bisa dirasakan langsung manfaatnya, karena mereka tanpa lagi susah payah keliling ke desa-desa untuk memasarkan hasil usahanya. Disamping itu para pembeli juga dengan mudah untuk memesan jenis dari kasur tersebut, seperti model warna, ukuran dan bahannya. Karena selain berbahan kapuk, ada juga kasur dari makron.

Dari usaha mereka itu, kini pendapatan keluarga meningkat 40 %  sampai 100 %. (sitiaji/esp/red)

Tagged with:

About author

Related Articles

1 Comment

  1. muslimin11 01/11/2017 at 11:17 am

    Semoga usaha-usaha seperti semakin bermunculan.agar dapat mengurangi angka pengangguran yang semakin meningkat disaat ini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *