Mengenal Bukit Tono, Wisata Selfie di Bojonegoro Selatan

Mengenal Bukit Tono, Wisata Selfie di Bojonegoro Selatan

Bojonegoro – Lokasinya ada di tepi jalan penghubung Bojonegoro – Nganjuk, tepatnya di Dusun Kadung, Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang. Ada beberapa sebutan untuk puthuk tersebut (puthuk adalah bahasa lokal dari kata ujung bukit-red), yakni Puthuk Kadung karena berada di Dusun Kadung, Puthuk Tempuran karena berada tepat di atas tempuran (pertemuan dua sungai) Kali Pacal dan kali dari sumber Rondo Mori, serta Puthuk Tono.

Sejak awal bulan Mei yang lalu, pemuda setempat berupaya menjadikan lokasi tersebut menjadi salah satu destinasi wisata desa. Merekapun mempopulerkannya dengan nama Bukit Tono, atau Buton. Lantas, siapakah Tono ? Menurut penuturan warga dan Kepala Desa setempat, Tono adalah nama seseorang yang dahulu menjadikan lokasi itu sebagai ladang.

“Pak Tono sangat terkenal, kata orang-orang tua dahulu pak Tono kemudian agak mengalami gangguan dan sempat mendiami tempat itu,” ujar Eko Prasetyanto, Kepala Deaa setempat.

Entah apa yang terjadi, pak Tono yang mempunyai ciri selalu menggunakan peci berwarna merah itu, kemudian meninggalkan Desa Sambongrejo. “Kabarnya sudah sembuh dan konon masih hidup sehat hingga saat ini,” tambahnya.

Bukit Tono sendiri diharapkan mampu bersaing sebagai obyek wisata dengab atraksi utamanya berupa panorama alam. Di tempat itu, sedang disiapkan sejumlah titik-titik foto buatan, mulai dari balkon selfie dengan latar suasana desa dan panggung berbentuk hati dengan latar lembah dan pegunungan Kendeng.

“Meskipun belum sepenuhnya siap, tapi setiap sore sudah lumayan. Kebetulan momen ramadhan, ramainya saat sore bareng ngabuburit,” tambah Didik, warga setempat.

Selain titik selfie, pihak pemuda setempat juga akan menyiapkan bumi perkemahan dan taman bunga. “Semula akan dilaunching sebelum lebaran, tapi kami tunda. Kalau tak ada halangan, semoga sebelum H plus tujuh,” pungkasnya. (red/esp)

About author

Related Articles

1 Comment

  1. muslimin11 01/11/2017 at 11:10 am

    Semoga Bukit Tono jadi wisata yang selalu ditangain wisatawan. agar pemasukan daerah semakin bertambah dan bisa membuat desa menjadi lebih berkembang

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *