Soto Ayam Kampung dengan Topping Kriuk

Soto Ayam Kampung dengan Topping Kriuk

Bojonegoro, Jawa Timur
Wani koya (Berani koya, taburan krupuk udang yang dihaluskan) menjadi andalan dari Soto Ayam Lamongan, bahkan karena poya itulah, makanan khas dari Lamongan ini akhirnya menjadi salah satu brand mie instant terkemuka. Jangan salah, di Bojonegoro, Jawa Timur, masakan soto juga dibuat ala Bojonegoro.

Tepatnya di Desa Purwosari, Kecamatan Purwosari, yakni di tepi Jalan Raya Purwosari, sekita 20 meter timur pertigaan Purwosari.

Diberi nama Soto Krenyes, tekstur soto ayam racikam mbak Yuli ini memang lebih krenyes. Bukannya taburan krupuk udang yang dihaluskan yang menjadi toping masakan berkuah ini, melainkan taburan crispy berbahan tepung dan telor seperti yang biasa digunakan untuk balutan ayam goreng kremes.

Rasa kriuk renyah, langsung terasa saat menikmati soto ayam dengan koya ala Bojonegoro ini, terlebih daging ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang lebih rendah kolesterol. Di warung mbak Yuli yang ada di ujung jembatan Kali gandong dekat tanda masuk Desa Purwosari ini, harga satu porsinya cukup murah dibandingkan cita rasa yang ditawarkan.

“Hanya Rp 10.000, taburannya seperti telor dadar orak-arik yang renyah”
Edy (Pembeli)

Toping unik yang didominasi bahan telor dengan tekstur mirip serundeng (parutan kelapa goreng), masih ditambah atribut pelengkap seperti soto lainnya, termasuk telur rebus dan kecambah.

“Buka dari dari jam 2 siang hingga jam 9 malam”
Yuli (Pemilik)

Satu porsi Soto Ayam Krenyes dan segelas es teh, cukup membuat kenyang dan sangat cocok untuk dinikmati sebagai menu makan siang ataupun makan malam. (din/red/esp)

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *