Sambal Dimasukkan Dalam Menu, Kuliner Sambil Sedekah

Sambal Dimasukkan Dalam Menu, Kuliner Sambil Sedekah

Bojonegoro, Jawa Timur
Tempat yang nyaman dan lokasi parkir yang luas langsung tersaji saat pertama kali memasuki Rumah Makan Ayam Geprek yang terletak di Jalan Raya Cepu Bojonegoro Km 27 di Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur.

Meski mengusung nama Ayam Geprek, rumah makan yang berada di tepi jalur nasional tersebut, tampaknya mengandalkan menu olahan ikan nila sebagai andalan. Hal itu terlihat dari bentuk bangunan yang sengaja ditata diatas hamparan kolam ikan.

Bahkan di bagian belakangnya, sejumlah kolam ikan juga sengaja dibangun untuk memasok kebutuhan bahan masakan mereka sendiri. Dengan nuansa kayu, Rumah Makan Ayam Geprek memberikan pilihan cara makan, yakni cara lesehan ataupun dengan meja kursi.

Yang cukup istimewa adalah racikan sambal yang disajikan, setiap menunya selalu didampingi dengan sambal yang berbeda. Misalnya menu bakar dan goreng, untuk menu ikan atau ayam goreng, sambal yang digunakan adalah sambal bawang dengan dominasi rasa khas Jawa Timuran, yakni asin dan gurih.

Sementara itu untuk menu ikan atau ayam bakarnya, disajikan bersama sambal korek dengan wadah cobek mini. Sambal korek yang disajikan pun mempunyai cita rasa berebda, yakni khas Jawa Tengah yang manis dan gurih.

Ada yang berbeda dalam rumah makan ini, sebuah spanduk mencolok di bagian belakangnya terpampang tulisan: “Kuliner Sambil Bersedekah”.

Menurut pelayan rumah makan tersebut, memang konsep sedekah diterapkan untuk setiap pengunjung. Yakni Rp 1.000 dari setiap menu yang dipesan bakal disalurkan ke anak yatim.

Untuk menunya, tak banyak yang ditawarkan selain ikan dan ayam kampung bakar, ada cah kangkung dan tahu bakso. Yang unik, sambal juga dimasukkan ke dalam menu, yakni Rp 3.000 satu porsinya. (red/esp)

Tagged with:

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *