Soto Ayam yang Benar-benar ala Bojonegoro

Bojonegoro, Jawa Timur
Dikenal dengan sebutan Soto Rajawali, karena berada di Jalan Rajawali Kota Bojonegoro, masakan berkuah ini benar-benar layak disebut ala Bojonegoro tulen. Meskipun sepintas sama dengan soto ayam lainnya, namun Soto Bu Mar ini benar-benar memiliki kekhasan yang sangat jarang ditemukan.

Dari wadahnya, soto ayam pada umumnya disajikan dalam mangkok, di depot yang hanya buka setengah hari ini, piring makan menjadi wadah yang digunakan. Tak hanya itu, jangan heran bila melihat tampilan kuahnya yang lebih keruh, karena soto ayam ala Bojonegoro ini memang menggunakan santan sebagai bahan tambahannya. Maka bila biasanya soto ayam memiliki rasa gurih asin yang menyengat, soto ayam Bu Mar mempunyai cira rasa gurih yang lebih lembut.

Kekhasan lainnya adalah taburan yang digunakan, bukan bawang merah goreng dan kecambah panjang yang akan kita jumpai, melainkan bawang putih goreng dan kecambah muda seperti yang biaaa digunakan dalam rawonlah yang bakal menggelitik lidah penikmatnya.

Depot Soto Bu Mar di Jalan Rajawali ini adlah salah satu tempat makan legendaris di Bojonegoro, maka jangan coba-coba datang saat jam makan siang bila anda bukan termasuk orang yang ingin wisata kuliner dengan sabar. Yah, karena pada saat kam makan siang, depot yang daya tampungnya tak terlalu banyak itu bakal dipenuhi oleh pelanggan-pelanggan fanatiknya.

Asyiknya lagi, di tempat ini sang penjual juga memberi pilihan anek lauk tambahan.

“Pokoknya sekitar 15 ribu sudah termasuk lauk tambahan”
Fauzi (Pembeli)

Lauk tambahan itu ditata sedemikian rupa sehingga mampu menggoda selera pembelinya. Ada ampela ati, sayap dan kepala ayam, brutu (bagian ekor), dan telor muda. Bagi mereka yang ingin variasi lebih, penjual selalu menawarkan penggunaan lontong sebelum kita memesannya. (red/esp)

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *