Gapit Kluntung dari Desa Tembus Supermarket

Gapit Kluntung dari Desa Tembus Supermarket

Bojonegoro, Jawa Timur

Menggunakan bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula dan telor ayam, kemudian ditambah bahan-bahan lain dan bumbu-bumbu rahasia, jajanan bernama Gapit Kluntung mempunyai rasa yang renyah, gurih dan manis. Gapit Kluntung yang telah mempunyai merk Gentong Mas ini merupakan produksi warga Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan, Bojonegoro Jawa Timur.

 

Jika diamati memang mirip ledre, salah satu makanan khas Bojonegoro. Menurut Lek Khosiah, pemilik industri rumahan Gapit Kluntung, selain secara fisik, kesamaan lainnya terletak pada cara pengolahannya. Yakni, harus dalam keadaan panas saat menggulungnya dengan menggunakan pemanas berbahan bakar arang.

 

Bersama sang suami, Kastolan, gapit-gapit ini dibuat dalam berbagai ukuran. Dan berkat kerja keras dan ketekunannya, Gapit Kluntung bermerek Gentong Mas ini telah merambah berbagai daerah di Bojonegoro, terutama Kalitidu, Bojonegoro, Kapas dan Sumberjo, serta telah berhasil meyakinkan para pemilik Super Market di Kota Bojonegoro seperti Giant dan Bravo untuk menampung hasil produksinya.

 

Menanggapi hal ini, Ketua PKK Desa Banjarjo, Nurul Faini, SPd menyatakan bahwa Gapit Kluntung merek Gentong Mas, dapat ditetapkan sebagai salah satu produk jajanan unggulan Desa Banjarjo.

 

“Ini adalah kabar positif bagi kemajuan ekonomi Desa, untuk menghadapi perdagangan bebas Asean yang bertajuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) produk-produk semacam ini harus terus kita kembangkan sehingga mampu menjadi tuan di negeri sendiri”

Nurul Faini (Ketua PKK Banjarjo)

 

(koh/red/esp)

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *