Di Warung Semok, Menunya Bergantung Hasil Tangkapan

Di Warung Semok, Menunya Bergantung Hasil Tangkapan

Bojonegoro, Jawa Timur

Serombongan orang, yang bila dilihat dari Nopol mobilnya, berasal dari Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur tampak asik berfoto-foto di sekitar warung semok, Mbak Sumi di Desa Tretes, Kecamatan Temayang, Bojonegoro. Mereka kebetulan melintas dan memilih untuk singgah di warung yang juga terkenal dengan menu ikan glosonya tersebut.

 

Ikan Gloso sendiri, adalah hewan air tawar yang habitatnya ada di Waduk Pacal. Warung Semok Mbak Sumi, letaknya sekitar 1 km arah selatan dari gerbang Waduk Pacal, berupa bangunan semi permanen yang terbuat dari dahan jati mentah, lokasi warung ini langsung terlihat saat pengendara melintasi jembatan limpasan Waduk Pacal.

 

Berkunjung ke Warung Semok ini, jangan dibayangkan bakal dapat menikmati jenis ikan tertentu, karena warung ini menyajikan menu sesuai hasil tangkapan mereka hari ini.

 

“Hari ini hanya dapat ikan wader kecil-kecil”

Cahyo (Pengunjung)

 

Namun, terkadang menu warung ini bisa jadi cukup lengkap, mulai dari Ikan Gloso, udang air tawar, lele, wader dan berbagai jenis ikan yang hidupunya di dalam Waduk Pacal. Menu tetap di warung ini adalah nasi putih dan nasi jagung, sayur lumbu (umbi-umbian dari hutan) dan sambal goreng bawang merahnya.

 

Untuk dapat menikmati satu porsi menu di warung ini, pengunjung cukup menyediakan Rp 12.000. Dengan sistem penyajian prasmanan, yakni menakar sendiri lauk, sayur dan nasinya, harga tersebut dianggap sangat murah.

 

Yang menjadikan warung ini unik, selain menu yang bergantung pada hasil tangkapan, suasana warung yang benar-benar tradisional merupakan atraksi menarik. Makan dengan posisi sesantai mungkin, berbaur dengan aroma gurih yang berasal dari asap dapur merupakan moment yang bakal tak terlupakan. (red/esp)

20150419_110755

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *