Tempe Goreng Tepung, Sejoli Nasi Pecel Bojonegoro

Tempe Goreng Tepung, Sejoli Nasi Pecel Bojonegoro

Bojonegoro, Jawa Timur

Nasi pecel merupakan jenis makanan yang mudah dijumpai di hampir setiap penjuru nusantara, terutama di Jawa Timur. Beberapa sumber menyebutkan bahwa makanan dengan bumbu kacang ini diyakini berasal dari Jawa Timur, ada yang menyebut dari Ponorogo, ada pula yang menyebut bahwa pecel berasal dari Keresidenan Madiun.

 

Perbedaan mendasar sajian masakan yang berisi sayuran rebus dengan siraman bumbu kacang ini adalah cara penyajiannya. Yang setiap daerah mempunyai kekhasan wadah yang digunakan.

 

Di Bojonegoro, nasi pecel dengan aneka lauk tambahan juga mudah ditemukan, baik itu di warung-warung atau bila memang ingin punya banyak pilihan, dapat datang ke bagian barat alun-alun kota. Setiap pagi, belasan pedagang nasi pecel selalu menjadi pemandangan yang menggoda selera.

 

Bila di daerah lain, nasi pecel dan peyek merupakan pasangan tak terpisahkan, tidak demikian dengan nasi pecel ala Bojonegoro. Jangan harap saat memesan satu porsi pecel di Bojonegoro, akan mendapat peyek, karena sejoli pecel di Bojonegoro adalah sepotong tempe goreng tepung.

 

“Empat ribu rupiah”

Yati (penjual nasi pecel)

 

Harga tersebut sudah termasuk sepotong atau dua potong tempe goreng tepung yang jumlahnya bergantung ukuran irisannya. Nasi pecel ala Bojonegoro di alun-alun kota, merupakan kuliner favorit, menyusul banyaknya pilihan dan para pedagang telah siap dengan dagangannya sebelum jam kantor.

 

“Tiap pagi saya sarapan di sini, lumayan untuk mengganjal perut sebelum berangkat kerja”

Mamat (PNS)

 

(red/esp)

 

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *