Nasi Goreng Jawa ala Ngumpakdalem Dander

Nasi Goreng Jawa ala Ngumpakdalem Dander

Bojonegoro, Jawa Timur

Di wilayah perkotaan Bojonegoro, khususnya saat malam tiba, nasi goreng merupakan makanan yang mudah ditemui. Utamanya di sepanjang jalan protokol antara Jalan Pemuda hingga Teuku Umar. Meski variasi nasi goreng yang ditawarkan penjaja bergerobak itu relatif serupa, namun agaknya menu ini termasuk yang digemari, maklumlah, pada 2011 lalu berdasarkan survey CNN, dari 35.000 jenis makanan di seluruh dunia, nasi goreng menempati peringkat ke 50 makanan terlezat di dunia.

 

Salah satu varian yang agak jarang ditemui di Bojonegoro adalah jenis Nasi Goreng Jawa. Di Desa Ngumpakdalem, Dander, sebuah depot sederhana bernama Bersaudara menawarkan varian ini. Ditawarkan dengan harga yang relatif murah, yakni Rp 5.000 per porsinya dan tempat yang nyaman, membuat tempat tersebut layak dijadikan jujugan bagi siapa saja yang ingin menikmati nasi goreng dengan varian yang berbeda.

 

Beda nasi goreng jawa dengan nasi goreng yang kebanyakan dijual adalah pada bumbu dasarnya.

 

“Warna merahnya berasal dari bumbu sambal ulekan, nasi goreng lainnya khan dari saos tomat”

Darto (pengunjung)

 

Karena menggunakan bumbu sambal ulekan, rasa pedas masih terasa pada nasi goreng jenis jawa ini. Selain bumbu sambal ulekan, digunakan juga kecap untuk mempertajam rasa jawanya, maka secara fisik nasi goreng jawa ini berwarna coklat kemerahan. Dengan dicampur dengan sedikit mie dan bawang merah goreng serta ayam goreng suwir menambah keunikan lezatnya tekstur menu ini saat menggoyang lidah kita.

 

Sebagai aksesorisnya, irisan timun, krupuk udang dan beberapa cabe hijau melengkapi menu yang ditawarkan Depot Bersaudara ini.

 

Menemukan lokasi Depot Bersaudara ini tidaklah sulit, dari arah kota, sebelum tiba di pondok Abu Dzarin, di timur jalan akan terlihat spanduk berwarna hijau mencolok. Dengan memajang gambar semar, tulisan Nasi Goreng Jawa sangat terlihat. Konsep depot ini menggunakan model lesehan, tak hanya nasi goreng jawa, menu lain juga dapat menjadi pilihan, seperti nasi goreng mawut, nasi goreng krengsengan, nasi goreng ati ampela, nasi sayur, bakso, dan beberapa menu lainnya. (red/esp)

About author

Related Articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *