Bisnis Kopi Rumahan Ini Omzetnya Puluhan Juta

Bisnis Kopi Rumahan Ini Omzetnya Puluhan Juta

Bojonegoro, Jawa Timur
Memang belum ada data resmi mengenai jumlah warung kopi di seluruh Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, namun dapat dipastikan keberadaan warung kopi merupakan salah satu tempat berkumpulnya masyarakat dengan jumlah ratusan, bahkan mungkin ribuan di seluruh penjuru Bojonegoro. Kondisi demikian merupakan potensi tersendiri, setidaknya bagi Yuli, warga Desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari.

Yuli merupakan ibu rumah tangga biasa, yang sejak beberapa tahun lalu menggeluti dunia kopi. Namun bukan dengan hanya membuka warung kopi, Yuli lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada tersebut. Ia menjual kopi bubuk yang dikemas dalam berbagai ukuran, kemasannya pun sangat sederhana, hanya berupa plastik putih biasa.

Namun meskipun sangat sederhana dan dikelola secara tradisional, Yuli mengaku bahwa dirinya mampu menjual kopi bubuk kemasan buatannya sebanyak 20 kilogram (kg) per harinya. Rata-rata pembeli adalah dari pemilik warung kopi dan warung klontong di sekitar desanya.

Maka, bila dihitung secara matematis, dengan asumsi harga per kilonya adalah Rp 50.000, omzet industri rumahan miliknya dapat mencapai Rp 1juta per hari, atau Rp 30 juta per bulannya. Angka yang fantastis untuk sebuah kreatifitas sederhana dalam menangkap peluang, padahal bila di pasaran umum, harga kopi bubuk dapat mencapai Rp 100.000 ke atas. (red/esp)

Tagged with:

About author

Related Articles

3 Comments

  1. era 20/01/2016 at 7:02 pm

    Mantap, Thank You utk idenya mas. bermanfaat banget
    buat aku yang merintis berbisnis kopi, tolong restunya

  2. wangin setyo absar 23/02/2017 at 8:05 pm

    saya menerima pesanan kopi robusta dan arabic kualitas terbaik dalam jumlah besar , tidak hanya kopi tapi juga jahe merah, jahe gajah, jahe emprit minat
    bbm:D09DE835
    phone:087870775526
    soal harga chat / ketemu langsung di bogor

  3. Agus Supriyono 04/08/2017 at 11:00 pm

    wah jadi terinpirasi dan mau ikutan jualan kopi nih, soalnya didaerah saya juga produsen kopi, membantu hasil panen petani kopi dan juga mengingkatkan ekonomi daerah, kalau lancar dan sukses jualan kopinya he,,,,

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *